Kamis, 06 Juni 2013

program stimulasi mendengar, membaca dan berbicara untuk anak usia 3 Tahun

    Program Stimulasi Mendengar, Membaca dan Berbicara
Nama Program              : Restorbother (Reading story book together)
Kelompok usia              : 2-3 Tahun
Target keberhasilan       : 3 kali stimulasi atau sampai anak mampu mengungkapkan dan memahami isi cerita

Prosedur pelaksanaan :

  1. Orang dewasa menunjukkan beberapa buku cerita yang memiliki gambar dan objek (tokoh) yang menarik dan disukai oleh anak. Ceritakan sedikit gambaran umum tokoh atau cerita dari masing-masing buku untuk memancing minat anak pada buku. Misalnya dengan berkata, “lihat! buku ini menceritakan tentang kancil kecil yang suka sekali bernyanyi.” Kemudian minta anak memilih buku yang ia sukai untuk dibacakan sebelum tidur. Simpan buku yang belum dipilih oleh anak untuk dibacakan pada kesempatan bercerita berikutnya.
  2. Pada saat membacakan cerita, libatkan anak untuk bersama-sama melihat gambar. Beri anak pertanyaan tentang gambar yang sedang dilihatnya. Misalnya, “adik ini gambar apa ya? Kira-kira sedang apa ya kura-kura itu?” Biarkan anak berimajinasi dalam menebak gambar sebelum orang dewasa menjelaskan makna dari gambar tersebut.
  3. Ulang setiap kalimat yang dibacakan pada anak atau buat pertanyaan umpan balik untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengungkapkan dan mengetahui konsentrasi anak ketika mendengarkan. Misalnya, “ternyata kura-kura sedang berlatih lari di hutan. Sedang apa dik kura-kuranya?” Jika anak belum bisa menjawab dengan tepat, ulangi lagi kalimat tersebut.
  4. Kaitkan isi dari cerita dengan kenyataan anak untuk menambah kemenarikan dongeng sekaligus untuk mengembangkan keterampilan anak dalam mengungkapkan bahasa. Misalnya dengan berkata “Kura-kura punya rumah yang bisa dibawa kemana-mana. Kalau rumah adik bisa dibawa kemana-mana seperti rumah kura-kura tidak ya?”  
  5. Tunjukkan tulisan dari kata-kata yang sedang dibacakan di dalam buku pada anak. Saat membaca, berikan penekanan saat mengucapkan suatu kata sambil menunjuk pada tulisan dari kata yang dimaksud. Misalnya ketika mengucapkan kata “itu” tunjukkan pula tulisan dari kata “itu”.
  6. Minta anak untuk menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan dengan bahasanya sendiri setelah cerita selesai dibacakan. Hal ini akan membantu anak mengingat kembali apa yang ia dengar. Anak juga dapat mengembangkan kemampuan bicaranya walaupun hanya sebagian kecil saja dari cerita itu yang dia ingat.

1 komentar:

  1. Online Casinos That Pay Out with Bitcoin
    Most casinos use Bitcoin to deposit real money and play games. luckyclub.live and you can play their games with no wagering requirements. In fact, it is possible

    BalasHapus